Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu FTTH (Fiber To The Home)

 

BandarCara.com - Komputer, Apa itu FTTH ataupun Fiber To The Home ialah suatu teknologi digital yang mengacu pada kabel serat fiber optik yang menggantikan teknologi analog sebelumnya kabel tembaga standar sebagai penghantar data internet/Telepon Rumah.

fiber to the home
Banyak orang lebih suka dengan teknologi digital kabel serat fiber optik ini karena dapat mengantarkan layanan broadband berkecepatan besar yang dapat mengintegrasikan komunikasi data informasi serta video berkecepatan tinggi serta dapat berjalan langsung ke rumah. 
Apa itu FTTH? Untuk hal ini, biasa disebut dengan Fiber To The Home, ataupun FTTH.

 

Sebelum adanya teknologi digital kabel serat fiber optik ini, ada teknologi analog yaitu MSAN atau Kabel telepon tembaga tradisional untuk dapat mengantarkan sinyal analog yang digunakan untuk komunikasi telepon, internet dan mesin faks.

Teknologi analog, pada dasarnya, ialah teknologi Sinyal yang kurang Baik dibanding teknologi digital.

Walaupun multiplexing membolehkan sinyal digital buat ditransmisikan lewat sebagian saluran lewat jalan tembaga, kabel serat optik lebih unggul buat mengantarkan sinyal-sinyal ini serta membolehkan kecepatan transfer yang lebih kilat serta bandwidth yang nyaris tidak terbatas.

Hal ini membuka pintu buat kecepatan Internet yang lebih baik, streaming video, serta aplikasi lain yang menuntut kecepatan internet tinggi.

Internet yang memakai kabel serat fiber optik sanggup membagikan bandwidth yang luar biasa. 

Keunggulan bawaan ini menjadikannya sumber utama buat memajukan teknologi jaringan yang bisa dibawa ke rumah ataupun bisnis.

Tetapi, sebagian besar pelanggan, masuk ke jaringan ini lewat jalan tembaga dengan kapasitas terbatas. 

Ini menghasilkan hambatan buat memajukan teknologi yang terus menjadi memerlukan bandwidth yang lebih besar.

Kabel serat optik dibuat dari serat cermin yang bisa bawa informasi dengan kecepatan melebihi 2, 5 gigabit per detik( gbps).

Layanan FTTH biasanya menawarkan armada rencana dengan kecepatan berbeda yang tergantung pada harga.

Di ujung dasar skala, paket layanan bisa jadi menawarkan kecepatan 10 megabit per detik( mbps), sebaliknya layanan DSL( Digital Subscriber Line) khas yang berjalan pada saluran tembaga yang terdapat merupakan 1, 5 mbps. 

Paket yang lebih mahal bisa jadi menawarkan kecepatan transfer informasi lebih dari 100 mbps- sekitar 66 kali lebih kilat dari DSL biasa.

 

FTTH mahal dalam banyak permasalahan. Instalasinya dapat dibilang mahal, serta bayaran bulanan buat layanan broadband nya cenderung mahal karena perangkat yang digunakan tidak murah mulai dari server OLT, ODC, ODP, kabel, ONT dan perangkat jaringan lainnya.

Walaupun dianggap mahal. Namun hal tersebut dapat dikalahkan dengan kecepatan internet yang dapat membuat anda puas dengan kecepatan Internet yang cepat dan tidak terbatas

Berbeda dengan teknologi tembaga yang terdapat di sebagian area, kabel serat optik lebih kerap dipasang di komunitas yang baru dibentuk selaku fitur.


FTTH bisa diinstal selaku arsitektur point- to- point, ataupun selaku jaringan optik pasif( PON). Yang awal mensyaratkan kalau penyedia mempunyai penerima optik buat tiap pelanggan di lapangan. 

PON memakai transceiver sentral serta splitter buat menampung sampai 32 klien. Konverter listrik optik, ataupun OEC, digunakan buat mengganti sinyal ke antarmuka dengan kabel tembaga bila dibutuhkan.

Itulah artikel tentang apa itu FTTH (Fiber To The Home) Semoga Bermanfaat!